• 1 Project 1
    Suspendisse turpis arcu, dignissim ac laoreet a, condimentum in massa.
  • 2 Project 2
    uisque eget elit quis augue pharetra feugiat.
  • 3 Project 3
    Sed et quam vitae ipsum vulputate varius vitae semper nunc.
  • 4 Project 4
    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

MEMBUAT EMBEL-EMBEL NAMA "AS SALAFY" ATAU AL ATSARI adalah TIDAK BERDASAR!!

| |

MEMBUAT EMBEL-EMBEL NAMA "AS SALAFY" ATAU AL ATSARI adalah TIDAK BERDASAR!!
Fatwa Syaikh Shalih Al-Fauzan:

Salaf adalah Hizbullah Yang Beruntung, Adapun Penamaan Dengan As-Salafi Atau Al-Atsari Tidak Ada Asal Usulnya
Seseorang bertanya, “Wahai Fadhilatusy Syaikh Shalih Al-Fauzan—semoga Allah senantiasa
memberikan taufiknya kepada Anda, kami mendengar sebagian orang
mengatakan, ‘Tidak boleh intisab “menyandarkan diri” pada salaf dan
Salafiyyah dianggap sebagai salah satu hizb ‘golongan’ yang hidup pada
masa tertentu.’ Apa pendapat Anda mengenai pernyataan ini?”

Sayikh
Shalih AL-Fauzan menjawab, “Iya! Salaf adalah hizbullah ‘golongan
Allah’. Salaf adalah golongan, akan tetapi ia adalah hizbullah. Allah
berfirman:
“Mereka itulah golongan Allah. Ketahuilah, bahwa
sesungguhnya golongan Allah itulah golongan yang beruntung”.
(Al-Mujadillah [58]: 22)

Barangsiapa menyelisihi salaf, maka
mereka adalah golongan-golongan sesat lagi meyimpang. Golongan itu
sendiri bermacam-macam. Ada golongan Allah (hizbullah) dan ada golongan
setan (hizbusy syaithan) sebagaimana tercantum di akhir surat
Al-Mujadilah. Ada hizbullah dan ada hizbusy syaithan. Golongan pun
beragam. Barangsiapa berada di atas manhaj Al-Kitab dan As-Sunnah, maka
dia adalah hizbullah. Sebaliknya, barangsiapa berada di atas manhaj
sesat, maka dia adalah hizbusy syaithan. Engkau tinggal memilih; mau
menjadi hizbullah atau menjadi hizbusy syaithan! Pilih sendiri!”

Kemudian
Syaikh Hafizhuhullah ditanya, “Wahai Syaikh—semoga Allah senantiasa
memberikan taufiknya kepada Anda, sebagian orang mengembel-embeli di
belakang namanya dengan As-Salafi atau Al-Atsari. Apakah ini termasuk
bentuk penyucian terhadap diri sendiri? Atau apakah memang sesuai dengan
syariat?”

Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhuhullah menjawab, “Yang
wajib adalah seseorang mengikuti kebenaran. Yang wajib adalah seseorrang
mengkaji dan mencari kebenaran serta mengamalkannya. Adapun dia menamai
dirinya dengan As-Salafi atau Al-Atsari dan yang semisal, maka tidak ada
alasan untuk dapat mengklaim dengan nama ini.

Allah Yang Maha
Mengetahui berfirman:
“Katakanlah (kepada mereka), ‘Apakah kamu akan
memberitahukan kepada Allah tentang agamamu (keyakinanmu), padahal Allah
mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi dan Allah
Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Al-Hujurat [49]: 16)

Menamakan
diri dengan As-Salafi, Al-Atsari, dan yang semisal adalah tidak ada
asal-usulnya. Kita melihat pada substansi nyata; bukan perkataan,
penamaan diri, maupun pengakuan.

Terkadang, seseorang mengatakan
kepada orang lain, ‘Ia salafi’, padahal orang tersebut bukan salafi
(pengikut manhaj salaf). Atau juga mengatakan, ‘Ia atsari’, padahal
orang yang ditunjuk bukan atsari (pengikut atsar salaf). Sebaliknya,
seseorang adalah salafi (pengikut manhaj salaf) dan atsari (pengikut
atsar salaf), namun tidak mengatakan, “Aku ini atsari, Aku ini salafi.’
Hendaknya kita melihat pada substansi nyata; bukan pada penamaan maupun
klaim pengakuan.

Seorang muslim harus komitment dengan adab
terhadap Allah swt. Tatkala orang-orang Arab Badui mengatakan, ‘Kami
telah beriman!’ Allah mengingkari mereka. Allah berfirman:

“Orang-orang
Arab Badui itu berkata, ‘Kami telah beriman’. Katakanlah (kepada
mereka), ‘Kamu belum beriman’, tetapi katakanlah, ‘Kami telah tunduk’.”
(Al-Hujurat [49]: 14)

Allah mengingkari orang-orang Arab Badui
yang menyifati diri mereka sebagai orang beriman. Padahal, mereka belum
sampai pada tingkatan beriman. Mereka baru saja masuk Islam; itu pun
masih diliputi keraguan.

Orang-orang Arab Badui itu datang dari
pedusunan. Mereka menganggap diri mereka sudah lama menjadi orang
beriman. Padahal tidak! Mereka baru saja masuk Islam. Apabila mereka
melanjutkan keislaman mereka dan mau belajar, maka keimanan pun akan
masuk ke dalam hati mereka sedikit demi sedikit. Allah berfirman:

“Padahal
iman itu belum masuk ke dalam hati kalian.” (Al-Hujurat [49]: 14)

Kata
lamma “belum” menunjukkan sesuatu yang masih menjadi harapan.
Maksudnya, iman baru akan masuk tapi engkau sudah menganggap beriman
dari pertama kali sebagai bentuk penyucian terhadap diri sendiri. Maka,
tidak perlu engkau mengatakan, ‘Aku salafi! Aku atsari! Aku begini dan
begini!’ Hendaklah engkau mencari kebenaran dan mengamalkannya. Perbaiki
niatmu! Allah-lah Yang Maha Mengetahui substansi nyatanya.”


Teks
Arab:

قول فضيلة الشيخ -وفقكم الله- نسمع بعض الناس يقولون:
لا يجوز الانتساب إلى السلف ، ويَعد السلفية حزب من الأحزاب القائمة في الوقت
الحالي، فما رأيكم بهذا الكلام؟ فأجاب فضيلة الشيخ صالح الفوزان – حفظه الله-: نعم السلف حزب الله ، السلف حزب؛
لكنهم حزب الله، الله -جل وعلا- يقول:((أولئك حزب الله ألا إن حزب الله هم
المفلحون )). السلف
انحازوا إلى الكتاب والسنة وإلى الصحابة فصاروا حزب الله، وأما من خالفهم
فهم أحزاب ضالة مخالفة.. الأحزاب تختلف هناك حزب الله ، وهناك حزب الشيطان، كما في آخر
سورة ( المجادلة) ، هناك حزب الله،وهناك حزب الشيطان.ز فالأحزاب تختلف. فمن كان على منهج الكتاب والسنة؛
فهو حزب الله. ومن
كان على منهج الضلال؛ فهو حزب الشيطان. وأنت تَخيّر، تكون من حزب الله، أو
تكون من حزب الشيطان! تَخيّر!! ثم
سُئل حفظه الله: يقول
فضيلة الشيخ – وفقكم الله-: بعض الناس يختم اسمه بـ (السلفي) أو (الأثري)، فهل هذا
من تزكية النفس ؟ أو هو موافق الشرع؟ فأجاب- حفظه الله-: المطلوب أن الإنسان يتبع الحق..
المطلوب أن الإنسان يبحث عن الحق.. ويطلب الحق ويعمل به..أما أنه يُسمى بـ (
السلفي) أو ( الأثري) أو ما أشبه ذلك فلا داعي لهذا.. الله يعلم – سبحانه وتعالى- (( قل
أتعلمون الله بدينكم والله يعلم ما في السماوات وما في الأرض والله بكل شيء
عليم)). فالتسمي
( سلفي ) ( أثري) أوما أشبه ذلك، هذا لا أصل له ، نحن ننظر إلى الحقيقة ،
ولا ننظر إلى القول والتسمي والدعاوى .. قد يقول إنه (سلفي) وما هو بسلفي
،،( أثري) وما هو بأثري.. وقد يكون سلفياً وأثرياً وهو ما قال أني أثري ولا سلفي.. فالنظر إلى الحقائق ، لا إلى
المسميات، ولا إلى الدعاوى.. وعلى المسلم أنه يلزم الأدب مع الله – سبحانه وتعالى-.
لما قالت
الأعراب آمنا ، أنكر الله عليهم: (( قالت الأعراب آمنا قل لم تؤمنوا ولكن
قولوا أسلمنا )) ..
الله أنكر عليهم أنهم يصفون أنفسهم بالإيمان ، وهم ما بعد وصلوا إلى
هالمرتبة، توهم داخلين في الإسلام.. أعراب جايين من البادية.. وادعوا
أنهم صاروا مؤمنين على طول! لا .. أسلَموا دخلوا في الإسلام ، وإذا استمروا وتعلموا دخل الإيمان
في قلوبهم شيئاً فشيئاً : (( ولما يدخل الإيمان في قلوبكم)).. وكلمة ( لمّا) للشيء الذي يُتوقع ،
يعني سيدخل الإيمان، لكن أنك تدعيه من أول مرة تزكية للنفس.. فلا حاجة إلى أنك تقول أنا (سلفي)
.. أنا ( أثري) أنا كذا.. أنا كذا.. عليك أن تطلب الحق وتعمل به ..
تُصلح النية .. والله هو الذي يعلم – سبحانه- الحقائق.
Sumber
http://www.islamgold.com/view.php?gid=2&rid=89

0 komentar:

Posting Komentar